Artikel Utama

5 Tips Sederhana Merawat dan Menjaga Kesehatan Gigi

Setiap organ tubuh yang terdapat pada diri Anda memiliki fungsi yang sangat penting, termasuk mulut dan gigi. Gigi yang sehat merupakan salah satu tanda kepedulian Anda pada kesehatan. Gigi berfungsi sebagai sebuah proses awal dalam pencernaan makanan, yaitu membantu melembutkan makanan untuk kemudian dicerna oleh usus. Selain itu gigi yang sehat dan kuat juga dapat menunjang penampilan Anda. Berikut tips sederhana merawat dan menjaga kesehatan gigi yang harus Anda ketahui.

1. Menggosok gigi dengan teratur. Menggosok gigi dengan teratur umumnya telah diajarkan oleh orang tua sejak dini pada anak-anak. Gosoklah gigi Anda dua kali sehari yaitu pada pagi hari dan menjelang tidur. Selain membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang terdapat pada sela gigi, menggosok gigi juga bagus untuk menghilangkan bau mulut.

2. Menjauhi makanan manis. Makanan yang manis seperti permen, es krim dan berbagai jenis jajanan dapat menyebabkan berkembangnya bakteri serta tidak baik untuk kesehatan gigi jika dikonsumsi berlebihan. Hindari makanan manis dan gantilah dengan buah dan sayuran.

3. Jauhi rokok. Rokok mengandung nikotin yang dapat merusak gigi serta menimbulkan noda pada gigi Anda. Selain itu rokok juga berdampak buruk pada organ lain di tubuh Anda seperti jantung, pembuluh darah dan lainnya. Menghindari rokok dan menghentikan kebiasaan merokok merupakan tindakan yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan gigi Anda.

4. Kurangi minuman berwarna. Minuman berwarna seperti teh, kopi dan lainnya dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan gigi menguning dan tidak lagi putih cemerlang. Bagi Anda pecandu teh dan kopi sebaiknya mengurangi konsumsi minuman tersebut serta menggantinya dengan minuman sehat seperti jus buah dan sayuran.

5. Konsultasi ke dokter. Rutinlah melakukan pengecekan atau konsultasi pada dokter gigi setiap 6 bulan sekali secara teratur. Ajaklah keluarga Anda untuk cek kesehatan gigi untuk gigi yang lebih sehat dan kuat.

Terapkanlah 5 tips menjaga kesehatan gigi diatas secara teratur untuk mendapatkan gigi yang sehat dan kuat. Jangan lupa mengkonsumsi makanan sehat yang kaya vitamin dan mineral untuk mendukung kesehatan gigi Anda. Ajak serta keluarga Anda agar dapat saling mengingatkan menjaga kesehatan gigi dan mulut.

0 Response to "5 Tips Sederhana Merawat dan Menjaga Kesehatan Gigi"

Posting Komentar

Gimana Pendapatmu Tentang Artikel Diatas?
Berkomentralah Yang Sopan Ya !!!