Artikel Utama

Cara Mengajarkan Anak Menghafal AL QUR'AN Sejak Dini

Entah kenapa saya selalu ingin suatu saat nanti ketika saya sudah menikah, saya ingin memiliki seorang anak yang hafal Al Quran. Setelah baca sana sini, saya menemukan cara mengajarkan anak menghafal Al Quran menurut Ustad Yusuf Mansur. Beliau berkata dapat mengajar anak untuk menghafal Al Quran sejak dini, dan berikut tipsnya yang saya kutip:

1. BAYI (0-2 TAHUN)
-Bacakan Al Qur'an dari surat Al fatihah
-Tiap hari 4 kali waktu (pagi, siang, sore, malam)
-Tiap 1 waktu satu surat diulang 3x
-Setelah hari ke-5 ganti surat An Naas dengan metode yang sama
-Tiap 1 waktu surat yg lain-lain diulang 1x2

2. DIATAS 2 TAHUN
-Metode sama dengan teknik pengajaran bayi. Jika kemampuan mengucapkan kurang, maka tambah waktu menghafalnya, mis dari 5 hari menjadi 7 hari
-Sering dengarkan murattal

3. DIATAS 4 TAHUN
-Mulai atur konsentrasi dan waktu untuk menghafal serius
-Ajari muraja'ah sendiri
-Ajari menghafal sendiri
-Selalu dimotivasi supaya semagat selalu terjaga
-Waktu menghafal 3-4x perhari

Demikian tips cara mengajarkan anak menghafal Al Quran sejak dini. Semoga menginspirasi!

0 Response to "Cara Mengajarkan Anak Menghafal AL QUR'AN Sejak Dini"

Posting Komentar

Gimana Pendapatmu Tentang Artikel Diatas?
Berkomentralah Yang Sopan Ya !!!